Bekerjasama dalam (Team) Kelompok atau Teamwork

1. Pengertian dan Karakteristik Kelompok.

Pengertian Kelompok :

Kelompok merupakan suatu kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mereka saling bergantung (interdependent) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama, meyebabkan satu sama lain saling mempengaruhi. Beberapa ahli sosiologi memberikan definisi tentang kelompok sosial sebagai berikut:

1. Joseph S. Roucek
Suatu keloompok meliputi dua atau lebih manusia yang diantara mereka terdapat beberapapola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya atau orang lain secara keseluruhan.
2. Wila Huky
Kelompok merupakan suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih, yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.

Karakteristik kelompok :
Suatu kelompok sosial memiliki sejumlah karakteristik (Narwoko, 2006:23), yakni:
1. Setiap individu harus merupakan bagian dari kesatuan sosial.
2. Terdapat hubungan timbal balik diantara individu-individu yang tergabung dalam kelompok.
3. Adanya faktor-faktor yang sama dan dapat memepererat hubungan mereka yang tergabung dalam kelompok. faktor-faktor tersebut antara lain, nasib yang sama, kepentingan yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama dan sebagainya.
4. Berstruktur, berkaidah serta mempunyai pola perilaku.
5. Bersistem dan berproses.

2. Tahapan Pembentukan Kelompok.

Bergabung dengan sebuah kelompok merupakan sesuatu yang murni dari diri sendiri atau juga secara kebetulan. Misalnya, seseorang terlahir dalam keluarga tertentu. Namun, ada juga yang merupakan sebuah pilihan. Dua faktor utama yang tampaknya mengarahkan pilihan tersebut adalah kedekatan dan kesamaan.

Pembentukan kelompok diawali dengan adanya perasaan atau persepsi yang sama dalam memenuhi kebutuhan.Setelah itu akan timbul motivasi untuk memenuhinya, sehingga ditentukanlah tujuan yang sama dan akhirnya interaksi yang terjadi akan membentuk sebuah kelompok.

Pembentukan kelompok dilakukan dengan menentukan kedudukan masing-masing anggota (siapa yang menjadi ketua atau anggota).Interaksi yang terjadi suatu saat akan memunculkan perbedaan antara individu satu dengan lainnya sehingga timbul perpecahan (konflik) Perpecahan yang terjadi bisanya bersifat sementara karena kesadaran arti pentingnya kelompok tersebut, sehingga anggota kelompok berusaha menyesuaikan diri demi kepentingan bersama. Akhirnya setelah terjadi penyesuaian, perubahan dalam kelompok mudah terjadi.

Langkah proses pembentukan Tim diawali dengan pembentukan kelompok, dalam proses selanjutnya didasarkan adanya hal-hal berikut :
·         Persepsi
Pembagian kelompok didasarkan pada tingkat kemampuan intelegensi yang dilihat dari pencapaian akademis.
·         Motivasi
Pembagian kekuatan yang berimbang akan memotivasi anggota kelompok untuk berkompetisi secara sehat dalam mencapai tujuan kelompok.
·         Tujuan
Terbentuknya kelompok karena memiliki tujuan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas kelompok atau individu.
·         Organisasi
Pengorganisasian dilakukan untuk mempermudah koordinasi dan proses kegiatan kelompok. Dengan demikian masalah kelompok dapat diselesaikan secara lebih efisien danefektif.
·         Independensi
Kebebasan merupakan hal penting dalam dinamika kelompok.Kebebasan disini merupakan kebebasan setiap anggota untuk menyampaikan ide, pendapat, serta ekspresi selama kegiatan.Namun demikian kebebasan tetap berada dalam tata aturan yang disepakati kelompok.
·         Interaksi
Interaksi merupakan syarat utama dalam dinamika kelompok, karena dengan interaksi akan ada proses transfer ilmu dapat berjalan secara horizontal yang didasarkan atas kebutuhan akan informasi tentang pengetahuan tersebut.

3. Kekuatan TeamWork.

Kekuatan yang dimaksud, merupakan suatu kelebihan dalam pembentukan kelompok (TeamWork). Dalam proses dinamika kelompok terdapat faktor yang menghambat maupun memperlancar proses tersebut yang dapat berupa kelebihan maupun kekurangan dalam kelompok tersebut.

Kelebihan Kelompok :
·         Keterbukaan antar anggota kelompok untuk memberi dan menerima informasi & pendapat anggota yang lain.
·         Kemauan anggota kelompok untuk mendahulukan kepentingan kelompoknya dengan menekan kepentingan pribadi.
·         Kemampuan secara emosional dalam mengungkapkan kaidah dan telah disepakati kelompok.
Kekurangan kelompok :
·         Kekurangan ataupun Kelemahan pada kelompok bisa disebabkan karena waktu penugasan, tempat atau jarak anggota kelompok yang berjauhan yang dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas pertemuan.

4. Implikasi Manajerial.

Dalam kehidupan sosial, pastilah setiap manusia memiliki berbagai Kelompok/teamwork, baik itu kelompok sosial, kelompok kerja, kelompok bermain, dan lain sebagainya. Dengan adanya suatu kelompok, akan sangat mempermudah kita menjalani kehidupan ini. Oleh karena itu, sebagai makhluk sosial yang baik, hendaknya kita dapat menentukan kelompok kelompok yang baik untuk kita.

SUMBER :

Slamet. Santosa, 1992. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Soerjono. Soekanto, 1986. Pengetahuan Sosiologi Kelompok. Bandung: Penerbit Remadja Karya.
Morissan. Teori Komunikasi Organisasi, Jakarta, 2009.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.