Proposal Pembuatan Aplikasi Instagram


Nama Anggota:
1.    Ahmad Rizky Elchan (10112472)
2.    Lukman Hakim (14112262)
3.    Reza Khotibul Umam (16112205)
4.    Yuvensia Puspita Sari (17112995)


I.               Latar Belakang Aplikasi
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.
Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 7.0 atau yang terbaru, telepon genggam Android apapun dengan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas, dan Windows Phone 8. Aplikasi ini dapat diunggah melalui Apple App Store dan Google Play.
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar

  II.          Tujuan Pembuatan Aplikasi
Adapun sebuah tujuan aplikasi ini dibuat adalah sebagai media sosial yang dapat menemukan momen orang lain dan dapat membagikan momen pribadi yang dapat dishare kepada orang lain.
III.          Konsep Pembuatan Aplikasi
          Konsep yang digunakan dalam pembuatan aplikasi Instagram ini adalah dengan menggunakan pendekatan metode SDLC ( System Development Life Cycle ) , konsep ini dikembangakn melalui beberapa tahap sebagai berikut:

      A.    Perencanaan
-  Melakukan pengambilan/pengumpulan data
-  Melakukan identifikasi masalah 

     B.     Analisa permasalahan
Menganalisa masalah yang terjadi di lingkungan sosial tentang bagaimana cara orang berhubungan dan berbagi momen dengan orang lain secara online dan dapat dilihat semua orang.
     C.    Perancangan
Pada tahap ini melakukan perancangan struktur navigasi, perancangan input output dan perancangan tampilan aplikasi Instagram.
     D.    Implementasi
Membuat serta memberikan sentuhan terakhirnya dengan pengisian kode program yang sebelumnya tertera pada perancangan input output aplikasi
      E.     Uji Coba Aplikasi
Tahap ini merupakan tahap uji coba program yang dihasilkan dari tahap implementasi untuk mengetahui apakah fungsionalitasnya terpenuhi dan sesuai dengan rancangan dasar penelitian.

 IV.            Kerangka Pikir
Kerangka piker disini adalah alur kinerja dari program atau aplikasi, dimana pengguna bisa mengupload momen secara online dan dapat dibagikan kepada semua orang. Bagaimana seseorang mengupload lalu dapat menyimpan file secara online supaya dapat dilihat. Pengguna juga dapat melihat apa yang dibagikan orang lain di akunnya masing-masing.
                                    


       V.         Rencana Pengerjaan Aplikasi
Berikut adalah rencana dan jadwal tahap penelitian dilaksanakan per bulannya :
NO
Tahapan Penelitian
Jadwal Pelaksaan (Bln) ke
 1    2      3     4     5    6    7
1.
Tahap Perencaan
2.
Tahap Analisis
3.
Tahap Perancangan dan Pembuatan Aplikasi
4.
Tahap Implementasi
5.
Uji Coba

    VI.         Refrensi




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.