Proposal Pembuatan Aplikasi Instagram
Nama Anggota:
1. Ahmad Rizky
Elchan (10112472)
2. Lukman Hakim
(14112262)
3. Reza
Khotibul Umam (16112205)
4. Yuvensia
Puspita Sari (17112995)
I.
Latar
Belakang Aplikasi
Instagram adalah sebuah aplikasi
berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter
digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik
Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto
menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic
dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh
kamera pada peranti bergerak.
Instagram dapat digunakan di iPhone,
iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 7.0 atau yang terbaru,
telepon genggam Android apapun dengan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas,
dan Windows Phone 8. Aplikasi ini dapat diunggah melalui Apple App Store dan
Google Play.
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan
bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar
II.
Tujuan Pembuatan Aplikasi
Adapun sebuah tujuan aplikasi ini dibuat
adalah sebagai media sosial yang dapat menemukan momen orang lain dan dapat
membagikan momen pribadi yang dapat dishare kepada orang lain.
III.
Konsep Pembuatan Aplikasi
Konsep yang digunakan dalam pembuatan aplikasi Instagram ini adalah dengan
menggunakan pendekatan metode SDLC ( System Development Life Cycle ) , konsep
ini dikembangakn melalui beberapa tahap sebagai berikut:
A.
Perencanaan
- Melakukan
pengambilan/pengumpulan data
- Melakukan
identifikasi masalah
B.
Analisa permasalahan
Menganalisa
masalah yang terjadi di lingkungan sosial tentang bagaimana cara orang
berhubungan dan berbagi momen dengan orang lain secara online dan dapat dilihat
semua orang.
C.
Perancangan
Pada tahap
ini melakukan perancangan struktur navigasi, perancangan input output dan
perancangan tampilan aplikasi Instagram.
D.
Implementasi
Membuat
serta memberikan sentuhan terakhirnya dengan pengisian kode program yang
sebelumnya tertera pada perancangan input output aplikasi
E.
Uji Coba Aplikasi
Tahap ini
merupakan tahap uji coba program yang dihasilkan dari tahap implementasi untuk
mengetahui apakah fungsionalitasnya terpenuhi dan sesuai dengan rancangan dasar
penelitian.
IV.
Kerangka Pikir
Kerangka piker disini adalah alur
kinerja dari program atau aplikasi, dimana pengguna bisa mengupload momen
secara online dan dapat dibagikan kepada semua orang. Bagaimana seseorang
mengupload lalu dapat menyimpan file secara online supaya dapat dilihat. Pengguna
juga dapat melihat apa yang dibagikan orang lain di akunnya masing-masing.
V. Rencana
Pengerjaan Aplikasi
Berikut adalah rencana dan jadwal
tahap penelitian dilaksanakan per bulannya :
NO
|
Tahapan Penelitian
|
Jadwal Pelaksaan (Bln) ke
1
2 3
4 5 6 7
|
||||||
1.
|
Tahap Perencaan
|
|||||||
2.
|
Tahap Analisis
|
|||||||
3.
|
Tahap Perancangan dan Pembuatan Aplikasi
|
|||||||
4.
|
Tahap Implementasi
|
|||||||
5.
|
Uji Coba
|
VI.
Refrensi
Tidak ada komentar: