Organisasi Umum

Dalam sebuah kehidupan, Manusia tak lepas dengan keberadaan suatu organisasi, karena organisasi merupakan suatu bagian besar dari keberadaan kita yang mencakup seluruh aspek masyarakat sekarang. Kompleksifitas kehidupan modern membuat kita semua tergantung pada berbagai organisasi. Tak menjadi persoalan dari mana kita memandang organisasi, kita adalah obyek dan subyek pengaruhnya. Oleh karena itu pada postingan kali ini saya akan membuka pembahasan tentang Rentang kendali (Span of control) dan juga Bentuk-bentuk organisasi dengan kebaikan serta keburukannya.

A. Rentang kendali (Span of control)

“Rentang kendali (span of control, SOC) adalah jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer pada satu waktu. Pada awalnya, para ahli menduga bahwa hanya ada satu nilai ideal bagi SOC. Seiring dengan berkembangnya penelitian tentang hal ini, berbagai faktor ditemukan berpengaruh hingga akhirnya kini rentang kendali dipercayai bergantung kepada dua hal utama, yaitu industri suatu perusahaan dan perusahaan itu sendiri.”

Perlunya sebuah rentang kendali dalam sebuah organisasi dikarenakan beberapa hal, yaitu :

  •       Keterbatasan waktu
  •       Keterbatasan pengetahuan 
  •       Keterbatasan kemampuan
  •       Keterbatasan perhatian, dan  
  •       Rentang kendali setiap pemimpin / manager tidak sama (relatif)


Sedangkan faktor – faktor yang membatasi rentang kendali adalah sebagai berikut :

  • Sifat dan terperincinya rencana 
  • Latihan-latihan dalam perusahaan
  •  Posisi Manager dalam perusahaan
  • Dinamis & Statisnya Organisasi 
  • Efektivitas Komunikasi 
  • Tipe pekerjaan yang dilakukan



B. Bentuk-bentuk organisasi dengan kebaikan serta keburukannya

Organisasi memiliki beragam bentuk – bentuk yang ada beserta apa kebaikan dan juga keburukan dari masing – masing bentuk organisasi tersebut, diantaranya :

1. Organisasi Garis

Bentuk organisasi ini pada dasarnya merupkan bentuk organisasi Tertua dan paling sedeharna, Organisasi Garis diciptakan oleh Henry Fayol. Organisasi ini mempunyai Ciri yaitu organisasinya masih kecil, jumlah karyawan sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.

Kebaikannya :

  • Kesatuan komando yang terjamin sepenuhnya karena kepemimpinan berada dalam satu tangan
  • Garis komando berjalan dengan tegas karena pemimpin langsung berhubungan dengan bawahan
  • Proses pengambilan keputusan yang cepat
  • Kecakapan karyawan yang dapat diketahui dengan mudah
  • Rasa solidaritas yang tinggi.


Keburukannya :

  • Ketergantungan dalam organisasi yang bergantung pada satu orang saja
  • Adanya kecenderungan tindakan pimpinan yang otokratis
  • Kesempatan perkembangan karyawan yang terbatas.




Organisasi Garis dan Staf

Diciptakan oleh Harrington Emerson, Bentuk Organisasi ini Dianut oleh organisasi Besar, daerah kerjanya luas dan punya bidang yang beraneka ragam serta rumit dan karyawannya banyak. Staf merupakan orang yang ahli  dalam bidang tertentu dan bertugas memberi nasihat dan saran pada pejabat emimpin dalam organisasi.

Kebaikannya :

  • Dapat digunakan dalam organisasi besar maupun kecil dengan berbagai tujuan organisasi
  • Adanya staff ahli
  • Dapat menimbulkan spesialisasi sesuai dengan kemampuan karyawan
  • Penempatan keryawan yang baik
  • Pengambilan keputusan cenderung lebih cepat
  • Koordinasi semakin baik karena adanya pembagian tugas
  • Semangat kerja yang semakin besar karena pembagian kerja sesuai keahlian.


Keburukannya :

  • Rasa solidaritas yang berkurang
  • Menyebabkan miss communication karena perbedaan perintah dari berbagai pimpinan
  • Kesatuan komando yang berkurang
  • Adanya hambatan pelaksanaan tugas akibat koordinasi yang kurang baik



Organisasi Fungsional

Organisasi ini di pakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan secara jelas , disusun atas dasar fungsi yang harus dilaksanakan.

Kebaikannya :

  • Pembidangan tugas menjadi jelas
  • Spesialisasi karyawan lebih efektif dan dapat berkembang
  • Menumbuhkan solidaritas dan semangat kerja yang tinggi
  • Koordinasi berjalan dengan tertib


Keburukannya :

  • Pengalihan kerja menjadi sulit dilaksanakan
  • Koordinasi menyeluruh sulit dilaksanakan
  • Sering menimbulkan konflik karena tumbuhnya rasa kekelompokan yang sempit




Organisasi Panitia

Organisasi yang dibentuk hanya untuk sementara waktu dan setelah tugas selesai maka organisasi itu pun selesai.

Kebaikannya :

  • Segala putusan dipertimbakan secara mendalam  dan terperinci
  • Kemungkinan pimpinan bertindak otoriter sangat kecil 
  • Koordinasi kerja jelas


Keburukannya :

  • Pengambilan keputusan memerlukan waktu lama
  • anggung jawabnya tidak jelas 
  • Kreativitas karyawan susah untuk dikembangkan




KESIMPULAN  :

“Dengan mempelajari organisasi kita akan dapat secara lebih baik mengembangkan pemahaman kita terhadap bagaimana organisasi-organisasi beroperasi dan banyak cara dengan mana organisasi dapat dirancang atau disusun”


SUMBER :
Sukanto Reksohadiprodjo & T. Hani Handoko, Organisasi Perusahaan, 
              edisi kedua, BPFE, Yogyakarta, 1998.

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.