Manusia dan Keadilan

Pada hakikatnya, Manusia merupakan makhluk social yang tidak dapat hidup sendiri. Di samping itu, setiap orang pastilah membutuhkan dan mempuyai hak yang berupa  sebuah keadilan dalam menjalani kehidpuan bermasyarakat, tanpa keadilan itu sendiri, kehidupan social antar setiap individu ataupun kelompok pastilah terjadi kesenjangan dan ketidak beraturan didalamnya.

John Raws (filsuf asal Amerika), menyatakan bahwa "Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran" . oleh karena itu, keadilan sangatlah diperlukan dalam keidupan setiap manusia. seperti saat ini, keadilan di negri kita terkadang masih sulit didapat, terutama bagi rakyat kecil, yang sering kali malah tertindas oleh keadilan itu sendiri. Dilihat dari sini, masih banyak orang yang berpendapat bahwa keadilan itu belum sepenuhnya ada, dan keadilan hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu saja. Sebenarnya apa makna keadilan itu sendiri? Berikut makna makna dari keadilan itu sendiri :

1.    Adil, berarti “sama”
Sama berarti tidak membedakan seseorang dengan yang lain. Persamaan yang dimaksud dalam konteks ini adalah persamaan hak. Allah SWT berfirman: “Apabila kamu memutuskan perkara di antara manusia, maka hendaklah engkau memutuskannya dengan adil...” (Surah al-Nisa'/4: 58).

2.   Adil, berarti “seimbang”
Allah SWT berfirman: Wahai manusia, apakah yang memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah? Yang menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu, dan mengadilkan kamu (menjadikan susunan tubuhmu seimbang). (Surah al-Infithar/82: 6-7).

3.  Adil berarti “perhatian terhadap hak-hak individu dan memberikan hak-hak itu pada setiap pemiliknya”
“Adil” dalam hal ini bisa didefinisikan sebagai wadh al-syai’ fi mahallihi (menempatkan sesuatu pada tempatnya). Lawannya adalah “zalim”, yaitu wadh’ al-syai’ fi ghairi mahallihi (menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya). “Sungguh merusak permainan catur, jika menempatkan gajah di tempat raja,” ujar pepatah. Pengertian keadilan seperti ini akan melahirkan keadilan sosial.

4.   Adil yang dinisbatkan pada illahi
Semua wujud tidak memiliki hak atas Allah SWT. Keadilan Ilahi merupakan rahmat dan kebaikan-Nya. Keadilan-Nya mengandung konsekuensi bahwa rahmat Allah SWT tidak tertahan untuk diperoleh sejauh makhluk itu dapat meraihnya.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Keadilan
http://vaniaibd.blogspot.com 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.