Pengalaman Berorganisasi


        Dalam mengikuti kegiatan Pramuka tersebut, banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang saya dapat. Karena pramuka merupakan kegiatan diluar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga, kegiatan ini sangatlah  menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis karena dapat dilakukan diluar ruangan. Saya sangat senang ketika mengikuti kegiatan ini, karena dalam kegiatan-kegiatan pramuka, kita selalu mempererat hubungan pertemanan, serta melatih kekompakan kita bersama teman-teman kita.

        Dalam postingan saya kali ini, saya akan menceritakan sedikit dari sebagian pengalaman – pengalaman saya dalam mengikuti sebuah Organisasi. Kalau berbicara tentang pengalaman dalam berorganisasi pastilah kalian semua pernah mengikutinya. Toh sejak dari pendidikan tingkat sekolah dasar pun kita pasti telah menjumpai berbagai macam organisasi. Contoh yang pasti kalian semua mengetahuinya yaitu Pramuka. Dan Pramuka itu sendiri yang merupakan organisasi yang pernah saya ikuti dan yang akan saya sedikit ceritakan pengalaman dalam mengikuti kegiatannya.
       Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya. Saya pertama kali mengenal organisasi “Gerakan Pramuka Indonesia” pada saat saya duduk dibangku sekolah dasar dan saat itu saya masih kelas 3. Saat itu semua siswa-siswi disekolah saya wajib mengikuti ekstrakulikuler Pramuka. Dan mulai saat itulah, setiap hari Sabtu sepulang sekolah saya mengikuti kegiatan-kegiatan pramuka bersama teman-teman saya.
         Pada saat itu, saya merupakan Anggota muda pramuka golongan siaga, karena saat itu usia saya masih 8 tahun. Untuk anggota muda pramuka golongan siaga pada saat itu hanya bertugas mengikuti kegiatan-kegiatan pramuka saja. Kegiatan-kegiatan yang saya lakukan saat itu ialah latihan baris-berbaris, membuat simpul tali, mempelajari sandi-sandi kode, dan masih banyak lagi.
      Kegiatan pramuka yanag paling saya suka adalah saat berkemah, saat itu saya mengikuti dua kali perkemahan, yang pertama yaitu perkemahan sabtu minggu atau yang lebih sering kita kenal dengan PERSAMI, dan yang kedua adalah perkemahan pelantikan penggalang baru. Saat berkemah banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan, saya sangat senang mengikuti seluruh rangkaian kegiatannya. Mulai dari latihan baris berbaris disore hari, lalu ibadah berjama’ah, membuat tenda bersama sama, memasak , menyalakan api unggun, dan bersenang senang. Saya sangat senang mengikuti kegiatan Pramuka saat itu, karna disitulah tempat  pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.
          Yaa, hanya itulah pengalaman yang dapat saya berikan mengenai organisasi yang pernah saya ikuti. Semoga menambah wawasan anda semua dan bisa membawa anda bernostalgia ke masa masa anda duduk di bangku sekolah dasar. Terimakasih J

              

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.