Asal Muasal Kerupuk

Di negara kita Indonesia , makanan ringan yang satu ini sudah pasti dikenal oleh semua orang. baik itu kalangan muda, tua, pria, wanita, orang kaya, rakyat kecil, dan sebagainya pastilah mengenal Kerupuk.  Makanan yang yang terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan perasa seperti ikan, udang atau yang lainnya ini memiliki tekstur garing dan rasanya gurih serta renyah. Kerupuk sering dijadikan camilan atau pelengkap makanan seperti nasi goreng, ketoprak, mie rebus, gado gado, dan sebagainya.

Untuk jenis kerupuk itu sendiri ada berbagai macam, ada kerupuk udang, kerupuk aci, kerupuk ikan, kerupuk kemplang, kerupuk bawang, kerupuk kulit, kerupuk gendar, kerupuk ceker ayam, dan masih banyak lagi macam macam kerupuk yang ada di setiap daerah di negara kita ini.

Berbicara terus tentang Cemilan Khas Negri kita ini sebenernya dari mana sih asal muasal kerupuk itu?

Dari hasil pencarian, info yang saya dapat konon kerupuk itu berasal dari sebuah kisah yang kononnya “nyata” yaitu tentang keluarga miskin yang memiliki banyak sekali anak sehingga mereka rela memakan nasi dengan lauk sawut yang berupa ketela pohon yang di parut untuk bertahan hidup. Sawut itu lah bahan yang merupakan asal muasal terbentuknya kerupuk. Mula mula sawut yang merupakan ketela pohon diparut lalu diberi air, setelah itu parutan yang sudah tercamput air diperas dan diambil sarinya dan diendapkan. Selanjutnya endapan tersebut dikeringkan dengan cara dijemur dan jadilah tepung tapioka yang diolah menjadi kerupuk.


Yaa itulah info asal muasal kerupuk yang saya dapat. Pesan saya, cintailah produk buatan negri kita ini, termasuk kerupuk .

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.